Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Kuliah Umum Pancasila di Universitas Ma Chung.

Felik Sad Windu Wisnu Broto (2017) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Kuliah Umum Pancasila di Universitas Ma Chung. Jurnal Psikologi PSIKOVIDYA, 21 (2). pp. 66-78. ISSN p-ISSN: 0853-8050; e-ISSN: 2502-6925

[img]
Preview
Archive (JURNAL PSIKOVIDYA - Implementasi Pendidikan)
jurnal_psikovidya_implementasi_pendidikan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://psikovidya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/ps...

Abstract

Sejak berdiri tahun 2007, Universitas Ma Chung telah mengembangkan sistem Pendidikan Karakter dengan tujuan untuk memperdalam dan mengaktualkan 12 Nilai Ma Chung. Oleh karena itu Sistem Pendidikan Karakter yang dilakukan di Universitas Ma Chung akan selalu bersumber dan berlandaskan 12 Nilai Ma Chung. Nilai-nilai ini harapannya dapat dipahami dan dihidupi oleh semua warga Universitas Ma Chung. Strategi implementasi Pendidikan Karakter dilakukan melalui 2 kegiatan yaitu melalui mata kuliah umum dan kegiatan OBOR. Pancasila adalah salah satu mata kuliah umum yang terintegrasi dengan pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini ada tiga, yaitu 1) Apakah apakah strategi implementasi pendidikan karakter di universitas Ma Chung melalui mata kuliah umum Pancasila efektif dilakukan? 2) Apakah melalui mata kuliah umum Pancasila ini mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan 12 Nilai Ma Chung? 3) Bagaimanakah mahasiswa mengimplementasikan 12 Nilai Ma Chung ini melalui mata kuliah umum Pancasila? Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan model deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi partisipatif dan kajian dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Strategi implementasi pendidikan karakter melalui mata kuliah umum Pancasila efektif dilakukan. 2) Melalui mata kuliah umum Pancasila mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan 12 nilai Ma Chung. 3) Melalui metode kunjungan dan terlibat langsung dengan komunitas patner (komunitas sosial atau pendidikan) selama satu semester, mahasiswa mampu mengimplementasikan 12 nilai Ma Chung.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Administrator Ma Chung
Date Deposited: 09 Nov 2017 01:03
Last Modified: 09 Nov 2017 01:03
URI: http://eprints.machung.ac.id//id/eprint/19

Actions (login required)

View Item View Item